STRATEGI PROMOSI PRODUK USAHA KERAJINAN

 Sebelum seorang pengusaha menjalankan strategi promosinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenal konsumen dan pesaing.

a.       Konsumen

Menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Principles of Marketing, konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi. Konsumen terbagi atas dua, yaitu:

1.       Personal consumer. Konsumen membeli atau menggunakan barang/jasa untuk penggunaan pribadi

2.       Organizational consumer. Konsumen membeli atau menggunakan/jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan suatu organisasi atau badan.

Ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat rasional adalah:

1.       Konsumen memilikih barang berdasarakan kebutuhan

2.       Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsuen

3.       Konsumen memilikih barang yang mutunya terjamin

4.       Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen

Ciri-ciri perilau konsumen yang bersifat irasional adalah:

1.       Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik

2.       Konsumen memiliki barang-barang bermerek yang sudah dikenal luas

3.       Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau prestise

 

b.      Pesaing

Pesaing adalah perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang/jasa yang sama atau mirip dengan produk yang ditawarkan. Dalam dunia persaingan, tugas utama pengusaha adalah menggaet pelanggan sebanyak mungkin.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui dari persaing usaha:

1.       Kelengkapan mutu, desain, dan bentuk produk

2.       Harga yang ditawarkan

3.       Saluran distribusi atau lokasi cabang yang dimiliki

4.       Promosi yang dijalankan

5.       Rencana kegiatan pesaing ke depan

Untuk mengetahui informasi pesaing usaha, perusahaan perlu mengadakan analisis pesaig dengan cara berikut.

1.       Mengidentifikasi Pesaing yang Ada

Identifikasi ini meliputi:

a)      Jenis produk yang ditawarkan

b)      Besarnya pangsa pasar yang dikuasai

c)       Peluang dan ancaman

d)      Keunggulan dan kelemahan

2.       Menentukan Sasaran Pesaing

Berdasarkan produk yang ditawarkan, pesaing dapat dibedakkan menjadi dua, yatu:

a)      Pesaing dekat, yaitu perusahaan sejenis atau memiliki produk yang persisi sama

b)      Pesaing jauh, yaitu perusahaan yang memiliki produk yang mirip

 

A.      Strategi Promosi

Menurut Hitt, Ireland, dan Horkisson dalam bukunya yang berujudul  Strategic Management Competitiveness and Globalization,strategi merupakan sejumlah tindkan yang terintegrasi dan terkoordinasi yang diambil untuk mendayagunakan kompetensi inti,serta memanfaatkan peluang untuk memperoleh keunggulan bersaing.

Pada umumnya, suatu organisasi bisnis membutuhkan strategi apabila dalam beberapa situasi berikut:

a.       Sumber daya yang dimiliki terbatas

b.      Adanya ketidakpastian mengenai kekuatan bersaing organisasi

c.       Komitmen terhadap sumber daya tidak dapat diubah lagi

d.      Keputusan-keputusan harus dikoordinasikan antar bagian sepanjang waktu

e.      Ada ketidakpastian mengenai pengendalian inisiatif

Berikut ada enam strategi pokok dalam promosi:

1.       Strategi Pengeluaran Promosi

Anggaran promosi merupakan bagian dari anggaran pemasaran. Nmaun, tidak ada standar pasti mengenai seberapa besar pengeluaran untuk promosi yang harus dialokasikan

2.       Strategi Bauran Promosi

Strategi ini berupaya memberikan distribusi yang optimal dari setiap metode promosi. Ada beberapa fator yang perlu diperhatiiakn dalam menentukan bauran promosi, yaitu factor pelanggan, anggaran, dan bauran media

3.       Strategi pemilihan media

Tujuan dari strategi pemilihan media adalah memilih media yang tepat untuk kampanye iklan dalam rangka membuat pelanggann menjadi tahu, paham, menentukan sikap, dan membeli produk yang dihasilkan perusahaan

4.       Strategi Penjualan

Strategi ini bertujuan memindahkan posisi pelanggan ke tahap pembelian melalui penjualan tatap muka

 

B.      Rencana Promosi

Tahapan perencanaa promosi menurut G.A Schmoll adalah sebagai berikut:

1.       Menentuan target yang hendak dicapai

2.       Menciptakan dan memutuskan pesan promosi yang akan dilaksanakan

3.       Memilih dan menyeleksi saliran komunikasi dan media massa yang digunakan

4.       Menyediakan anggaran promosi untuk memperlancar kegiatan promosi dalam berbagai jenis pasar

5.       Membuat program pelaksanaan promosi yang akan dilakukan

 

C.      Media Promosi

Media promosi adalah sarana yang digunakan untuk mengomukasikan suatu produk/jasa untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas.

Jenis media promosi terbagi atas dua, yaitu:

1.       Media cetak, seperti poster,banner, flyer, kalender, katalog, kartu nama

2.       Media elektroni, seperti TV, radio, internet serta pesan pada telpon genggam

 

Comments