PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI KERAJINAN LOKAL NON BENDA

 

PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI

KERAJINAN LOKAL NON BENDA

 Apa Saja Yang Termasuk ke Dalam Komponen Biaya Produksi?

Biaya produksi adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk terjadinya proses produksi suatu barang/produk/kerajinan.

BIaya produksi juga bisa diartikan sebagai keseluruhan biaya produksi ekonomi yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi suatu barang. Jadi Biaya produksi ini memiliki definisi yang berbeda dengan biaya operasional. Bedanya dengan biaya operasional adalah biaya operasional merupakan biaya atau pengeluaran oleh suatu perusahaan untuk mendukung sistem kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat suatu barang, produk atau kerajinan adalah menentukan biaya produksinya terlebih dahulu.

Biaya produksi ini penting disiapkan di awal agar kita dapat mengetahui apakah suatu ide atau inovasi produk yang akan kita buat sesuai dengan rencana dan tepat untuk dipasarkan. Karena biasanya, jika biaya produksi terlalu tinggi, pastinya harga di pasaran pun akan tinggi dan belum tentu produk sesuai dengan daya beli masyarakat. Hal tersebut perlu menjadi pertimbangan yang matang dalam perencanaan di awal.

 

Unsur biaya Produksi

Ada beberapa unsur yang digunakan dalam biaya produksi. Unsur-unsur biaya produksi ini diantaranya adalah sebagai berikut

1.     Biaya bahan baku

2.     Biaya tenaga kerja

3.     Biaya overhead


Biaya bahan baku adalah biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk atau benda yang ingin kita pasarkan. Selain itu ada juga biaya tenaga kerja, atau biaya yang kita keluarkan untuk memperkerjakan seseorang dalam membuat produk atau benda yang ingin kita pasarkan. Sedangkan biaya overhead adalah biaya tambahan yang dikeluarkan untuk mendukung proses produksi.  Biaya yang termasuk dalam overhead adalah biaya seperti listrik, bahan bakar minyak, dan biaya-biaya lain. Jadi, biaya pembelian bahan bakar minyak, sabun pembersih untuk membersihkan bahan baku, benang, jarum, lem dan bahan-bahan lainnya dapat dimasukan ke dalam biaya overhead.

Metode penghitungan biaya produksi

Cara menghitung biaya produksi adalah dengan membuat tabel biaya produksi yang berisi data-data berikut ini.

1.     Biaya bahan baku

2.     Biaya tenaga produksi

3.     Biaya overhead

4.     Biaya Produksi





Perhitungan, Biaya Produksi, Produk Teknologi, Transportasi ... 
15 Materi AKUNTANSI BIAYA untuk Mengelola Bisnis Anda


 

 

Biaya Produksi dan Biaya non Produksi

Biaya produksi berbeda dengan biaya non produksi. Perbedaannya adalah biaya non produksi merupakan biaya yang erat kaitannya dengan fungsi pengembangan, pemasaran / distribusi, layanan pelanggan, desain maupun administrasi pada umumnya. Menurut ilmu ekonomi, biaya non produksi dapat dibagi kedalam dua kategori yakni biaya penjualan yang melingkupi tentang biaya pemasaran / distribusi, dan pelayanan kepada pelanggan. Serta yang kedua adalah mengenai administrasi yang melingkupi biaya pengembangan, adminitrasi umum dan pengembangan.

 

created by Erniati Solihah


Comments