SISTEM PRODUKSI USAHA KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH BERBENTUK BANGUN DATAR

1. ANEKA PRODUK KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH BERBENTUK BANGUN DATAR

a. Kerajinan dari Limbah Kulit Jagung

Kulit jagung merupakan limbah pertanian dari tanaman jagung. Kulit jagung kerap kali tidak diperhatikan, bahkan dianggap sampah sehingga biasanya dibuang. Sampah kulit jagung bisa menjadi benda kerajinan yang sangat bernilai dan bisa mendatangkan keuntungan.

Berikut contoh produk kerajinan dari limbah kulit jagung:

5 Ide Kerajinan dari Kulit Jagung yang Mudah (Dapat Dibuat di Rumah)          4 Ide Kerajinan Kulit Jagung Kering dan Cara Membuatnya | RajinLah.ID

b. Kerajinan dari Limbah Plastik

Plastik merupakan limbah yang sulit diurai mikroorganisme, membutuhkan bertahun-tahun supaya plastik dapat terurai dan akhirnya menyatu dengan tanah. Oleh karena itu, sebaiknya sampah plastik tersebut dimanfaatkan untuk karya kerajinan. Berikut contoh kerajinan dari limbah plastik:

Kerajinan dari Limbah Plastik dan Cara Pembuatannya | by R jati ...     Menyulap Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Cantik

c. Kerajinan dari Limbah Kertas

limbah kertas merupakan limbah organic yang mudah terurai dan mudah rusak jika terkena air. Namun, jika menambahkan kandungan lem atau zat pelindung anti air seperti melamin/politur limbah kertas menjadi sulit hancur. Limbah kertas dapat digunakan sebagai benda kerajinan dengan berbagai teknik seperti teknik anyaman, teknik sobek, teknik lipat, dan teknik gulung. Berikut contoh kerajinan dari limbah kertas:

13 Macam Kerajinan Tangan Dari Kertas Bekas Yang Mudah Dibuat ...            Kerajinan dari Koran yang Sudah Tak Terpakai - Satu Jam

d. Kerajinan dari Kain Perca

Limbah kain perca dapat dibuat sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan menarik. Bahkan busana itu sendiri dapat dihasilkan dari kain-kain perca yang dijahit bersambung-sambungan. Bagi sebagian orang ada juga yang berminat oada busana jenis ini karena unik. Berikut conntoh kerajinan dari limbah kain perca:

Kerajinan Tangan dari Kain Perca yang Mudah Dibuat dan Laku Dijual         KAIN PERCA, 50+ produk kerajinan yang memanfaatkan kain perca ...

e. Kerajinan dari Limbah Kardus

kardus berkas kadang menjadi sebuah benda yang menumpuk dan memenuhi ruangan sehingga mengganggu pemandangan, dan kadang dibuang begitu saja di tempat sampah. Saat ini banyak sekali kardus bekas yang ada di ligkungan kita. Bagi seorang yang berjiwa wirausaha maka limbah kardus ini dapat diamanfaatkan menjadi sebuah kerajinan unik dan juga memiliki nilai seni yang tinggi. Berikut contoh kerajinan dari limbah kardus.

Cara membuat laci dari kardus - YouTube       6 Inspirasi Kreasi Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Unik ...

2. MANFAAT KERAJINAN DARI LIMBAH BERBENTUK BANGUN DATAR

Berikut manfaat kerajinan dari limbah berbentuk bangun datar:

a. Manfaat produk kerajinan sebagai benda pakai

b. Manfaat produk kerajinan sebagai benda hias

3. POTENSI KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH BERBENTUK BANGUN DATAR

Produk kerajinan di suatu daerah tentunya berbeda dengan daerah lainnya. Masing-masing daerah memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini disebabkan oleh sumber daya yang dimiliki dari masing-masing daerah berbeda.

Berikut contoh hasil limbah berbentuk bangun datar yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan, dilihat dari kondisi wilayahnya.

a. Daerah pesisir pantai atau laut

Limbah yang tersedia adalah sisik ikan, daun pandan, daun kelapa, dan lainnya.

b. Daerah pegunungan

Limbah yang tersedia adalah daun-daunan kering, kulit buah-buahan yang bertekstur keras seperti salak, kulit pete cina, dan lainnya

c. Daerah pertanian

Limbah yang terdapat di daerah ini adalah jerami padi, kulit jagung, batang daun singkong, kulit bawang, dan lainnya

d. Daerah perkotaan

Limbah yang dihasilkan di daerah ini biasanya kertas, kardus, serbuk gergaji, serutan kayu, plastik, dan lainnya

Berbagai macam limbah berbentuk bangun datar sangat bermanfaat untuk bahan pembuatan produk kerajinan. Proses pengolahan masing-masing bahan limbah berbentuk bangun datar secara umum sama. Pengolahan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin. Proses pengolahan limbah berbentuk bangun datar untuk produk kerajinan pada umumya sebagai berikut:

a. Pemilahan bahan limbah

b. Pembersihan limbah

c. Pengeringan

d. Pewarnaan

e. Pengeringan setelah pewarnaan

f. Finishing

Comments